Sakit Perut Bagian Bawah, Sudah Tahu Penyebabnya?

sakit perut bagian bawah Sebelah Kiri Apa Penyebabnya

Jika dilihat dari sudut pandang medis maka sakit perut bagian bawah biasa disebut dengan nyeri panggul. Tak hanya menyerang wanita saja, nyeri pada panggul ini juga dapat menyerang para kaum pria. Penyebab dari rasa sakit tersebut juga sangat beragam. Bahkan diketahui bahwa nyeri panggul memiliki penyebab yang berbeda antara pria dan wanita.

Penyebab Sakit Perut Bagian Bawah pada Wanita

Pada rasa sakit atau nyeri yang dialami oleh wanita seringkali akan berkaitan dengan organ reproduksi yang ada. Misalnya adalah pada organ tuba falopi, ovarium, rahim, dan juga serviks. Beragam kemungkinan juga dapat dijadikan sebagai penyebab dari nyeri di bagian perut bawah ini. Misalnya adalah rasa sakit karena terjadinya menstruasi pada kaum hawa.

ini sakit perut bagian bawah Sering Sakit Waspada

Penyebab lainnya ialah ovulasi, keguguran, endometriosis, fibroid, dan kanker rahim. Adanya kista pada ovarium wanita juga dapat menimbulkan nyeri pada panggul ini. Tak hanya itu, adanya abrusi plasenta selama kehamilan dan juga terjadinya salpingitis atau radang saluran tuba pada seorang wanita juga merupakan salah satu penyebab dari hal ini.

Jenis penyakit lain yang juga diketahui dapat menyebabkan rasa nyeri atau sakit yang ada adalah kista ovarium. Rasa sakit para penderita kista ovarium juga tak hanya terjadi saat menstruasi saja, namun juga dapat terjadi saat tidak menstruasi. Peradangan usus kronis juga merupakan salah satu penyebab dari rasa sakit yang dialami oleh seorang wanita.

Penyebab Sakit Perut Bagian Bawah pada Pria

Berbeda dengan penyebab yang dialami oleh wanita, rasa sakit pada perut yang dialami oleh para pria juga memiliki penyebab tersendiri. Contoh penyebab yang dialami oleh pria terkait masalah ini adalah hernia ingual. Hernia ingual adalah sebuah kasus dimana sebagian dari bagian usus kecil atau lemak pada seorang pria keluar dari bagian perut yang ada di bawah.

Rasa sakit yang muncul di perut bawah pada seorang pria juga dapat disebabkan karena torsio testis. Terhambatnya aliran darah di bagian testis tersebutlah yang memicu rasa sakit muncul. Jenis penyakit lainnya yang juga memiliki dampak berupa rasa sakit atau nyeri pada bagian panggul ini adalah radang prostat. Nyeri yang ada juga akan terjadi saat buang air.

Seorang pria yang mengalami gejala berupa rasa sakit ini adalah usus buntu. Istilah lain dari usus buntu adalah apenditis. Rasa sakit yang dialami juga akan berasal dari perut di bagian kanan bawah jika mengalami penyakit ini. Infeksi saluran kemih akibat terjadinya kontaminasi bakteri juga merupakan salah satu penyebab dari sakit pada perut yang ada.

Penanganan Ketika Sakit Perut Bagian Bawah

Penanganan saat mengalami gejala ini juga dapat dilakukan dengan beragam cara. Misalnya adalah dengan mengoleskan minyak telon pada bagian yang sakit. Tak hanya itu, cara lainnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengelola keadaan stres dengan baik. Pengelolaan stres tersebut dapat dilakukan dengan cara meditasi ataupun berolahraga.

ini sakit perut bagian bawah Penyebab dan Obatnya

Anda pun dapat mengonsumsi air putih dan menghindari makanan yang pedas dan asam untuk meminimalisir dampak yang ada. Namun jika rasa sakit dan nyeri tidak lekas membaik, maka pilihan yang tepat adalah segera mendatangai dokter untuk dilakukan langkah yang tepat. Cara tersebut diharapkan mampu mengurangi risiko yang ada.

Sakit perut bagian bawah yang terjadi pada seseorang diketahui disebabkan oleh beragam faktor di baliknya. Misalnya adalah penyakit yang ada di area perut dan organ reproduksi baik pada kaum pria maupun wanita. Penanganan yang tepat juga diperlukan dalam kasus ini untuk meminimalisir dampak negatif yang dapat terjadi pada organ tubuh seseorang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *