Aneka Cara Mencegah Terjadinya Saraf Terjepit

saraf terjepit

Sering merasa nyeri pada bagian leher, punggung, atau kaki? Sebaiknya mulai waspada. Karena, bisa jadi itu adalah gejala awal dari hernia nukleus pulposus (HNP) atau saraf terjepit. Rasa nyeri dan kebas terjadi akibat tulang, otot, dan tendon bergeser saling menekan terlalu kuat.

Dokter baru dapat menentukan pengobatan setelah mengetahui tingkat keparahan HNP yang diderita pasien. Penyembuhan paling umum yang dilakukan oleh dokter ahli antara lain terapi, resep obat, dan operasi. Biasanya, dokter memberikan penyangga di bagian tertentu, seperti kaki atau tangan.

Banyak sekali faktor risiko yang mengakibatkan seseorang mengalami HNP. Beberapa penyebab saraf terjepit di antaranya jaringan pada bantalan tulang belakang melemah, berat badan berlebih, mengangkat beban berat dengan tumpuan yang salah, atau kebiasaan merokok yang sangat aktif. 

Mencegah Gangguan Saraf Terjepit

Gangguan kesehatan ini bisa hilang dengan sendirinya. Akan tetapi, jika tidak kunjung membaik, penderita disarankan untuk memeriksakan diri ke dokter. Meski cara mengobati saraf terjepit sangat beragam, namun ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegahnya. 

1. Istirahat Ketika Tubuh Sudah Merasa Lelah

saraf terjepit
Jangan Lupa untuk Istirahat dengan Cukup

Saraf terjepit juga dapat disebabkan oleh tubuh yang terlalu aktif bergerak. Oleh sebab itu, jangan terlalu memaksakan diri saat fisik mulai lelah. Segera beristirahat, carilah posisi senyaman mungkin agar dapat tertidur dengan nyenyak. Saraf melakukan perbaikan selama tubuh tertidur.

2. Teratur Melakukan Olahraga

Olahraga merupakan kegiatan yang memiliki banyak manfaat. Selain membuat tubuh lebih bugar, kebiasaan ini dapat mencegah terjadinya berbagai gangguan saraf. Tidak perlu memaksakan diri melakukan olahraga berat. Cukup olahraga ringan selama kurang lebih 15 menit setiap pagi dan sore.

Bisa memulai dengan jalan kaki, berenang, atau bersepeda. Selain itu, gerakan peregangan juga sangat membantu dalam mencegah HNP. Seperti contohnya trap strech dan neck bend. Gerakan ini dapat mencegah terjadinya saraf terjepit di bagian leher.

3. Menjaga Berat Badan

saraf terjepit
Jaga Berat Badan Supaya Ideal

Penderita obesitas memiliki risiko lebih tinggi terhadap gangguan HNP. Timbunan lemak di dalam tubuh membuat seseorang menjadi gemuk. Meningkatnya berat badan ini menyebabkan terjadinya tekanan pada tulang belakang. Kondisi ini yang akhirnya menyebabkan  saraf terjepit.

Untuk itu, perlu menjaga berat badan agar tetap ideal. Caranya, biasakan mengatur pola makan yang tepat. Imbangi dengan olahraga yang cukup. Tinggalkan kebiasaan makan sembarangan dan bermalas-malasan.

4. Memenuhi Asupan Vitamin B

Vitamin B memiliki peranan penting dalam menjaga kesehatan saraf. Vitamin B1, B6, dan B12 baik dikonsumsi oleh mereka yang rentan terhadap gangguan HNP. Para ahli membuktikan bahwa ketiga vitamin ini saling bersinergi dalam menjaga dan memperbaiki sistem saraf. 

Lebih jelasnya, vitamin B1 merupakan sumber energi yang dibutuhkan saraf. Vitamin B6 berfungsi untuk memperbaiki transmisi saraf. Sedangkan, vitamin B12 berperan meregenerasi sel-sel saraf. Makanan sehat yang mengandung vitamin B diantaranya daging, kacang-kacangan, sayur, dan buah.

5. Ubah Gaya Hidup

saraf terjepit
Mengubah Gaya Hidup ke Arah Lebih Sehat

Gaya hidup seperti perokok aktif dan kebiasaan mengkonsumsi alkohol dapat meningkatkan risiko saraf terjepit. Terlalu banyak mengonsumsi minuman beralkohol membuat HNP semakin parah. Alkohol dalam tubuh dapat mengganggu penyerapan vitamin B.

Bagi penderita masalah kesehatan obesitas, diabetes, atau ginjal sangat disarankan untuk berhenti merokok dan mengkonsumsi alkohol. Dikarenakan penderita penyakit ini akan lebih sering mengalami saraf terjepit.

Itulah sedikit penjelasan mengenai gangguan saraf terjepit. Lakukan kebiasaan baik seperti yang dijelaskan di atas untuk mengurangi risiko HNP. Jika sudah muncul tanda-tanda penyakit saraf, segera hubungi dokter agar mendapat penanganan lebih cepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *