Mengenal Kondisi Sindrom Alice In Wonderland Pada Kesehatan

sindrom alice in wonderland

Sindrom alice in wonderland merupakan suatu kondisi neurologis. Kemunculannya ditandai dengan adanya disorientasi persepsi seseorang. Individu yang mengalami sindrom ini biasanya akan melihat objek di sekitarnya tampak berbeda dari biasanya.

Sampai saat ini, masih belum diketahui penyebab pasti sindrom ini. Namun, menurut beberapa sumber sindrom ini berkaitan erat dengan beberapa kondisi. Diantaranya sakit kepala, seperti sakit migrain, dan sakit kepala tegang, dan stress.

Penyebab Sindrom alice in wonderland lainnya adalah penyakit infeksi. Diantaranya seperti mononukleosis atau herpes simpleks, epilepsi, gangguan di otak. Bahkan hingga akibat efek samping obat-obatan.

Gejala Sindrom Alice in Wonderland

Mengenali Berbagai Gejala Sindrom yang Muncul

Gejala Sindrom alice in wonderland membuat penderita merasa sebagian atau seluruh tubuhnya menjadi sangat kecil atau sangat besar. Juga merasa letak suatu benda menjadi sangat jauh atau sangat dekat. Selain itu, juga merasa waktu berjalan sangat cepat atau sebaliknya.

Penderita juga seringkali melihat warna objek terlihat lebih terang atau benda diam terlihat seperti bergerak, waktu berjalan lebih lambat atau sebaliknya. Sering mendengar bunyi aneh atau bising yang tidak diketahui asalnya. Dan merasa mual, pusing, dan gelisah pada beberapa penderita.

Cara Mencegah Munculnya Sindrom

Pada umumnya, sindrom ini tidak membutuhkan pengobatan khusus. Karena pada umumnya sindrom ini banyak disebabkan oleh migrain, maka mengurangi munculnya serangan migrain menjadi solusi. Beberapa upaya penanganan dan pencegahan sindrom alice in wonderland yang dapat dilakukan antara lain:

1. Memperbanyak Konsumsi Buah dan Sayur

Buah dan sayur adalah makanan yang menyehatkan. Memperbanyak konsumsi buah dan sayur dapat mencegah seseorang dari berbagai penyakit. Salah satunya adalah penyakit migrain yang dapat menyebabkan munculnya sindrom ini.

2. Membatasi atau Menghindari Konsumsi Minuman Beralkohol

Kebiasaan Minum Alkohol

Langkah selanjutnya adalah dengan membatasi dan mengurangi kebiasaan minum alkohol. Minuman beralkohol dapat menyebabkan banyak penyakit jika tidak dikonsumsi secara benar. Sebaiknya, kurangi dan hindari konsumsi minuman beralkohol agar terhindar dari berbagai penyakit.

3. Makan dengan Porsi Kecil Namun Sering

Menerapkan pola makan dengan porsi kecil namun sering, akan membuat pencernaan menjadi lebih sehat, karena makanan yang masuk tidak terlalu banyak. Selain itu, pola makan ini juga dapat mencegah terjadinya penyakit jantung. Makanlah sekitar 4-5 kali sehari dalam porsi kecil.

4. Melakukan Meditasi dan Terapi Relaksasi yang Bisa Mengendalikan Stres

Lakukan Terapi dan Meditasi Agar Rileks

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, stres bisa menjadi pemicu timbulnya sindrom alice in wonderland. Oleh karena itu perlu dilakukan pencegahan terhadap stress. Salah satu caranya adalah dengan melakukan meditasi atau terapi relaksasi yang bisa mengendalikan stres.

5. Mengurangi Konsumsi Makanan Olahan

Junk Food, makanan olahan, atau makanan cepat saji biasanya mengandung banyak MSG yang jika konsumsinya berlebihan tidak baik untuk kesehatan. Maka dari itu, perlu mengurangi konsumsi makanan dengan MSG. Selain itu, minuman yang mengandung banyak pemanis buatan juga perlu dihindari.

Sampai saat ini belum ada diagnosis secara pasti tentang sindrom ini. Dokter biasanya akan melakukan pemeriksaan untuk mengetahui kemungkinan adanya penyakit lain yang memiliki gejala serupa. Pemeriksaan tersebut yaitu tes darah, MRI, dan EEG.

Sindrom alice in wonderland ini memang tidak berbahaya. Namun, disorientasi yang diakibatkan oleh sindrom ini dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Jadi, jika mengalami beberapa kondisi yang telah disebutkan di atas, segera periksakan diri ke dokter saraf agar mendapat penanganan yang sesuai.