Yuk, Ketahui Lebih Dalam Sistem Ekskresi Pada Ginjal!

sistem ekskresi pada ginjal

Selain hati, paru-paru, dan kulit, ginjal merupakan salah satu organ tubuh paling penting yang termasuk dalam sistem ekskresi manusia. Sistem ekskresi pada ginjal berbentuk seperti kacang merah serta berwarna merah kecoklatan. Setiap manusia mempunyai sepasang ginjal yang terletak di sebelah kanan dan kiri.

Ginjal pada bagian kanan, terletak sedikit lebih rendah jika dibandingkan dengan posisi ginjal kiri. Hal ini karena letaknya yang berdekatan dengan hati. Ginjal pada umumnya berukuran 10-12 cm. Dengan kata lain, ukuran ginjal kira-kira adalah seukuran kepalan tangan. Lalu, apa saja bagian-bagian pada ginjal manusia?

Mengenal Komponen Sistem Ekskresi Pada Ginjal

sistem ekskresi pada ginjal
Ginjal sebagai Organ Ekskresi Tubuh

Ginjal merupakan sistem ekskresi yang berfungsi untuk menyaring darah. Selain itu, organ ekskresi ini juga berperan dalam mengendalikan keseimbangan cairan dan menjaga kadar elektrolit pada tubuh. Ciri-ciri ginjal di antaranya adalah terletak di kedua sisi tulang belakang, yaitu tepatnya di rongga perut bagian belakang dan juga di bawah tulang rusuk. 

Ginjal sangat berkaitan erat sebagai sistem ekskresi manusia yang berperan penting untuk membuang racun dan limbah dari dalam tubuh.  Secara umum, ada tiga bagian dari anatomi ginjal manusia, yaitu medula renal, korteks renal, dan pelvis renal. Berikut ini adalah penjelasan bagian ginjal dan fungsinya:

1. Korteks renal merupakan bagian terluar pada ginjal yang disebut dengan korteks. Korteks renal dikelilingi oleh lapisan lemak dan kapsul renal yang fungsinya untuk melindungi struktur dalam organ ginjal dari kerusakan.

2. Medula renal merupakan jaringan-jaringan ginjal yang halus. Medua terdiri dari piramida renal dan lengkung henle, yaitu suatu struktur kecil yang isinya berupa tubulus dan nefron. Tubulus fungsinya untuk mengangkut cairan yang masuk serta mengeluarkan urine dari renal.

3. Pelvis renal merupakan bagian paling dalam dari organ ginjal yang bentuknya seperti corong. Fungsi bagian ini adalah berperan sebagai jalur bagi cairan untuk berpindah dari renal menuju ke kandung kemih.

Beberapa Gejala Terjadinya Penyakit Pada Ginjal

sistem ekskresi pada ginjal
Penyakit yang Bisa Menyerang Ginjal

Penyakit pada ginjal merupakan sebuah gangguan yang terjadi pada organ ginjal. Gangguan yang terjadi pada ginjal tentunya akan mempengaruhi kinerja tubuh dalam melakukan pencucian darah. Beberapa jenis penyakit yang sering menyerang ginjal di antaranya adalah infeksi ginjal, batu ginjal, ginjal polikistik, gagal ginjal akut, dan ginjal kronis. 

Terjadinya penurunan fungsi ginjal dapat diketahui dengan melihat gejala-gejala dari muncul dari penyakit ini, antara lain terjadinya pembengkakan pada area pergelangan sekitar mata dan kaki, urine berbusa, volume urine dan frekuensi buang air kecil berkurang, muntah, mual, urine bercampur darah, nafsu makan hilang, berat badan menurun drastis, gangguan irama jantung, mudah lelah dan sesak napas, susah tidur, penurunan kesadaran, tekanan darah tinggi, nyeri punggung bawah, terjadi kram pada otot terutama di bagian tungkai, serta kulit kering dan rasanya gatal.

Mengingat bahwa organ ginjal memiliki peran penting untuk mempertahankan fungsi tubuh secara keseluruhan, maka sangat wajib bagi Anda untuk selalu menjaga kesehatan organ ginjal.  Pasalnya, ginjal merupakan organ yang dapat memengaruhi bagian organ tubuh lainnya. Jika renal Anda mengalami gangguan dan terkena suatu penyakit, tentu organ tubuh yang lain juga akan ikut bermasalah, terutama pada bagian jantung. 

Agar fungsi organ ginjal tetap normal, ada berbagai cara yang bisa Anda lakukan, yaitu menghindari makanan asin, olahraga secara rutin, penuhi kebutuhan cairan tubuh, jangan merokok, dan jauhi faktor risiko yang dapat menyebabkan penyakit ginjal seperti obesitas, hipertensi, dan diabetes. Dengan menerapkan pola hidup sehat, maka sistem ekskresi pada ginjal akan tetap sehat dan dapat berfungsi secara maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *