Sudah Tahu Beda Gigi Sensitif dengan Gigi Normal?

Awas Behel Bisa Bikin Gigi Sensitif

Gigi sensitif yang dimiliki oleh seseorang terkadang membuat merasa tidak nyaman. Tak hanya itu, kondisi gigi tersebut juga membuat orang yang bersangkutan tidak bisa mengonsumsi makanan yang dingin atau terlalu panas. Karena makanan tersebut diketahui dapat menimbulkan adanya rasa nyeri atau ngilu pada bagian gigi selama beberapa waktu.

Perbedaan Gigi Biasa dan Gigi Sensitif

Gigi yang memiliki sensitifitas lebih tentu mempunyai perbedaan dengan gigi yang normal. Perbedaan tersebut berupa keadaan dari bagian gigi itu sendiri. Misalnya adalah pada bagian dentin pada gigi. Orang yang memiliki gigi dengan sensitivitas tinggi akan memiliki dentin yang terbuka pada gigi. Sementara gigi normal tidak mengalami hal tersebut.

ini penyebab Gigi Sensitif

Dentin yang terbuka juga dipengaruhi oleh beragam hal. Misalnya adalah dikarenakan email gigi yang terkikis maupun keadaan gusi yang menyusut. Keadaan tersebut tentu saja akan menimbulkan dampak yang buruk bagi keadaan dan kesehatan gigi. Sehingga dapat menyebabkan akar gigi menjadi terlihat serta tidak terlindungi lagi sehingaa menjadi ngilu.

Aneka Jenis Penyebab Gigi yang Sensitif

Seperti telah disebutkan, gigi yang sensitif juga disebabkan oleh beragam jenis faktor di baliknya. Misalnya dapat disebabkan karena kondisi gigi tertentu, seperti gigi yang berlubang dan patah sehingga membuat bagian dentin menjadi terbuka. Tak hanya itu, kondisi lambung yang dimiliki oleh seseorang juga dapat menyebabkan gigi yang sensitif.

Penyakit lambung berupa refluks asam lambung yang terjadi merupakan salah satu penyebab yang ada. Asam dari lambung yang naik akan mengikis email pada gigi seseorang sehingga menyebabkan menjadi sensitif. Tak hanya itu, kebiasaan buruk seperti menyikat gigi terlalu kasar dan keras juga dapat memicu munculnya gigi yang sensitif pada seseorang.

Solusi yang Dapat Dilakukan bagi Gigi yang Sensitif

Terdapat beragam solusi yang dapat dilakukan bagi gigi yang sensitif. Misalnya adalah dengan menggunakan cairan berupa desentinizer yang ada. Dengan cairan tersebut juga akan membantu untuk mengatasi ngilu yang dirasakan pada gigi. Kelebihan saat menggunakan cairan tersebut adalah dapat bekerja dengan waktu yang relatif cepat.

mau tau Perawatan Maksimal bagi Gigi Sensitif

Komposisi dari cairan desentinizer ini juga dinilai mampu membantu bagian dentin pada gigi untuk mengatasi rasa ngilu. Bahkan dentin yang telah masuk ke dalam kategori hipersensitif juga akan terbantu dengan pengguaan cairan yang ada. Cara lainnya yang dapat Anda lakukan adalah dengan menggunakan tapal gigi khusus untuk menyikat gigi yang sensitif.

Perbedaan Pasta Gigi Biasa dan Pasta Gigi untuk Gigi Sensitif

Tapal gigi khusus bagi gigi yang sensitif juga dirancang secara untuk untuk mengatasi rasa ngilu yang ada dan juga melindungi gigi. Kandungan dari tapal gigi khusus yang dibuat tentu berbeda untuk produk yang ditujukan bagi gigi yang biasa atau normal. Salah satu kandungan yang ada pada pasta bagi gigi yang sensitif adalah kandungan potasium nitrat.

Potasium nitrat yang ada akan memiliki peran dalam mengahalangi tubulus yang kecil pada dentin gigi yang sensitif. Dengan menggunakan pasta bagi gigi yang memiliki kandungan itu, diharapkan mampu mengurangi sensitivitas dari gigi yang ada. Produk ini juga dapat Anda temui dengan mudah di pasaran saat ini, baik pembelian secara online maupun offline.

Gigi sensitif ialah salah satu keadaan gigi seseorang yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Penyebab dari gigi yang sensitif juga sangat beragam, misalnya adalah gigi yang berlubang dan patah. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda dapat menggunakan cairan desentinizer dan juga tapal gigi khusus yang dapat membantu mengurangi rasa ngilu pada gigi yang sensitif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *