Mengenal Susu Kefir dan Berbagai Manfaat yang Ada Didalamnya

susu kefir

Susu kefir merupakan minuman kental yang diproduksi melalui fermentasi susu dengan tambahan biji kefir. Biasanya, terbuat dari susu kambing atau sapi. Sementara itu, biji kefir dibuat dari ragi, bakteri asam laktat, dan zat polisakarida. Jika dilihat dari bentuknya, mirip seperti yoghurt.

Kefir sangat kaya akan nutrisi. Minuman ini mengandung aneka vitamin, seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B12, vitamin C, dan vitamin K. Kandungan susu kefir lainnya adalah asam amino dan mineral, seperti kalsium, kalium, magnesium, fosfor, zat besi, tembaga, zinc, dan mangan.

Manfaat Susu Kefir untuk Kesehatan

Sebagai salah satu produk fermentasi susu yang sangat kaya nutrisi, tidak heran jika kefir mempunyai beragam manfaat bagi kesehatan. Hingga saat ini, banyak sekali peneliti yang telah menemukan manfaat dari kefir untuk kesehatan. Nah, berikut ini adalah 5 manfaat susu kefir untuk kesehatan:

1. Mendetoksifikasi Tubuh 

susu kefir
Dapat Menjadi Minuman Detoks yang Baik

Kefir sangat baik dikonsumsi oleh orang yang memiliki alergi tertentu, misalnya terhadap kacang.  Zat aflatoksin adalah jenis zat yang dihasilkan oleh kacang tanah dan jamur. Aflatoksin menyebabkan efek samping pada tubuh, yaitu mengurangi kekebalan tubuh dan menyebabkan alergi. 

Susu kefir mengandung bakteri asam laktat yang dapat melawan aflatoksin. Oleh karena itu, minuman kefir secara tidak langsung bisa menjadi asupan untuk detoksifikasi tubuh. Dan akan membantu melawan alergi terhadap makanan tertentu.

2. Mencegah Kanker

Kefir adalah minuman fermentasi yang dianjurkan menjadi asupan nutrisi harian. Pasalnya, minuman ini terbukti dapat membunuh kanker dan tumor yang diuji ke tikus. Kandungan kefir juga diketahui dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan menghentikan pertumbuhan sel kanker payudara.

3. Menambah Kekuatan Tulang

susu kefir
Kefir Bisa Menambah Kepadatan Tulang

Studi menunjukkan bahwa minum kefir setiap hari bisa menambah kepadatan tulang serta mengurangi resiko osteoporosis. Kandungan kefir bekerja meningkatkan penyerapan kalsium, magnesium, mineral tulang, fosfor, dan vitamin D. Ini berfungsi untuk meningkatkan kepadatan tulang.

4. Mengatasi Masalah Pencernaan

Manfaat kefir selanjutnya adalah mengatasi masalah pencernaan. Sebagai minuman probiotik, kefir akan menjaga sistem pencernaan. Tidak hanya itu saja, kefir juga cukup ampuh mengatasi berbagai macam masalah pencernaan, seperti sindrom iritasi usus, diare, dan infeksi bakteri H. Pylori.

5. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

susu kefir
Daya Tahan Tubuh Lebih Kuat dengan Kefir

Jika kondisi tubuh kurang sehat, tidak perlu minum antibiotik. Cukup dengan minum kefir saja. Para peneliti mengungkapkan bahwa minuman probiotik bekerja lebih baik dibandingkan dengan obat antibiotik. Minuman probiotik dapat memberantas bakteri jahat yang menginfeksi tubuh.

Kefir dapat dikonsumsi langsung atau pun diolah dahulu menjadi minuman lain. Anda dapat mengolah kefir dalam jus buah atau smoothies. Selain akan mendapatkan manfaat dari kefir, Anda juga sekaligus bisa mendapatkan banyak manfaat dari buah-buahan yang diolah bersamaan dengan kefir.

Itulah beberapa manfaat dari kefir yang dapat diperoleh tubuh. Manfaat susu kefir memang sangat banyak untuk kesehatan. Namun, banyak dari manfaat itu yang masih membutuhkan penelitian lebih lanjut. Jadi, pastikan Anda mengkonsumsi kefir secara bijak dan tetap hati-hati. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *