Tak Perlu Bingung, Begini Cara mengatasi Infeksi Mata Pada Anak

mau tau infeksi mata pada anak

Infeksi pada mata bisa terjadi kepada siapa saja, termasuk anak anak. Saat si kecil mengalami mata berair, merah, dan sering mengucek matanya karena gatal, ada kemungkinan matanya terkena infeksi. Namun Anda tidak perlu panik dan bingung, yuk simak ulasan ini untuk tahu penyebab infeksi mata pada anak dan cara menanganinya dengan tepat.

Penyebab Infeksi Pada Mata Anak dan Cara Mengatasinya

1. Terkena Virus

Salah satu penyebab infeksi pada mata yakni adanya serangan dari virus, beberapa virus yang bisa menyebabkan penyakit konjungtivitis (virus conjunctivitis), herpes mata (ocular herpes), dan uveitis. Umumnya infeksi dari virus ini akan membuat mata menjadi perih, berair, nyeri, penglihatan menjadi kabur, dan juga menjadi lebih sensitif terhadap cahaya.

Kenali infeksi mata pada anak

Umumnya infeksi pada mata yang disebabkan oleh virus akan sembuh dengan sendirinya dalam jangka waktu 7 hingga 10 hari. Dan obat yang diberikan oleh dokter, biasanya hanya untuk meredakan gejala yang muncul. Namun selain dengan obat, Anda bisa meringankan gejala infeksi akibat virus tersebut dengan cara mengompres mata si kecil.

2. Adanya Jamur

Jamur juga bisa menyebabkan mata pada anak menjadi infeksi. Umumnya jamur tersebut akan menyebabkan endoftalmitis dan juga keratitis (fungal keratitis). Gejala dari infeksi yang disebabkan oleh jamur biasanya akan terasa nyeri pada mata, penglihatan akan menjadi kabur, mata berair, sensitif terhadap cahaya, mata merah, serta terjadi belekan.

Mungkin Anda juga perlu mengetahui beberapa jamur yang bisa menyebabkan infeksi pada mata. Dimana meliputi jamur yang hidup di tanah dan tanaman dengan nama fusarium, jamur yang hidup di lingkungan luar dan dalam ruangan dengan nama aspergillus, jamur yang hidup di lapisan kulit manusia dengan nama candida.

Infeksi pada mata yang disebabkan oleh jamur, sangat jarang terjadi. Namun jika tidak segera ditangani, akan menjadi infeksi yang serius bahkan bisa menyebabkan kebutaan. Untuk mengobati infeksi akibat jamur ini, bisa diatasi dengan memberikan obat antijamur yang memiliki bentuk bermacam macam.

Ada obat antijamur yang berbentuk tetes ke mata, obat untuk diminum, hingga obat yang disuntikkan langsung ke mata. Tidak hanya itu, pengobatan infeksi yang disebabkan oleh jamur juga membutuhkan waktu berminggu minggu hingga berbulan bulan. Apalagi jika infeksi yang terjadi sudah terlalu parah, maka dokter akan mengambil tindakan operasi pada mata.

3. Terkena Bakteri

Bakteri yang menyebabkan infeksi pada mata, bisa mengakibatkan terjadi konjungtivitis, blefaritis, selulitis mata atau orbital, keratitis, dan juga bintitan. Gejala umum yang dialami oleh penderita infeksi akibat bakteri ini adalah mata yang gatal, merah, belekan, nyeri, berair, kelopak mata bengkak, dan juga terkadang akan lengket karena adanya belek di mata.

ini penyebab dan cara mengatasi infeksi mata pada anak

Penyakit mata yang diakibatkan oleh adanya bakteri ini bisa diobati dengan salep mata atau obat tetes yang mengandung antibiotik. Dimana obat tersebut harus dibeli dengan resep dan sesuai anjuran dokter. Jangan menghentikan penghentian antibiotik lebih cepat dari yang dianjurkan oleh dokter, meskipun gejalanya sudah membaik.

4. Adanya Parasit

Parasit atau organisme yang hidup pada organisme lain sebagai inang, juga bisa menjadi penyebab infeksi pada mata. Parasit yang menjadi penyebab infeksi tersebut bisa dikelompokkan ke dalam protozoa, cacing, dan ektoparasit. Biasanya parasit ini akan masuk ke tubuh melalui kulit atau mulut, dan terkadang tidak menimbulkan gejala sama sekali.

Obat yang bisa digunakan untuk mengatasi infeksi akibat adanya parasit, meliputi diethylcarbamazine, pirimetamin, dan ivermectin. Obat tersebut biasanya bisa digunakan dengan cara di minum atau dioleskan pada mata. Pada infeksi yang disebabkan oleh cacing, terkadang dokter harus mengeluarkan cacing dari mata terlebih dahulu sebelum diberi obat.

Perlu untuk diketahui, jika infeksi mata pada anak cepat sekali penularannya. Apalagi yang disebabkan oleh virus. Dengan mengetahui penyebab infeksi pada mata dan bagaimana cara menanganinya, Anda bisa lebih berhati hati lagi agar si kecil tidak tertular. Untuk pencegahan, ajarkan si kecil rajin mencuci tangan dan juga jauhkan ia dari penderita sakit mata.