Tanda-Tanda Usus Buntu dan Penyebabnya yang Harus Diketahui

tanda-tanda usus buntu

Penting bagi kita untuk mengetahui tanda-tanda usus buntu. Sebab penyakit ini cukup sering dialami oleh banyak orang.  Penyakit usus buntu adalah sakit akibat peradangan yang terjadi di organ usus buntu atau apendiks

Usus buntu sendiri adalah organ yang berbentuk kantong tipis dan kecil. Ukurannya hampir sepanjang 5-10 cm yang terhubung pada usus besar. Gejala atau tanda-tanda usus buntu yang dirasakan penderita biasanya akan merasa nyeri di perut kanan bagian bawah.

Apabila sakit tersebut dibiarkan, maka dalam jangka waktu lama akan menimbulkan infeksi yang serius. Bahkan, dapat menyebabkan usus buntu pecah. Rasa nyeri akan bertambah besar hingga dapat membahayakan nyawa penderita.

Tanda-Tanda Usus Buntu dan Penyebab Terjadinya

Tanda usus buntu yang utama adalah nyeri hebat pada perut. Nyeri yang juga disebut kolik abdomen ini berawal dari pusar dan perlahan bergerak ke bagian kanan bawah perut. Karena usus buntu dapat menyerang siapapun, maka posisi nyeri akan berbeda tergantung usia dan posisi usus buntu.

Gejala lain usus buntu adalah kehilangan nafsu makan, mual, demam, diare, dan perut kembung. Bahkan sampai tidak bisa buang gas. Saat perut mengalami nyeri yang tidak biasa dan semakin parah, maka sebaiknya segera berkonsultasi pada dokter agar tidak terjadi infeksi.

Adapun penyebabnya adalah karena rongga usus buntu mengalami infeksi. Akibat infeksi tersebut bakteri akan mudah berkembang biak hingga usus buntu mengalami peradangan, bernanah hingga bengkak. Banyak faktor yang menyebabkan terjadinya usus buntu, diantaranya adalah:

1. Infeksi di Saluran Pencernaan

tanda-tanda usus buntu
Adanya infeksi di saluran pencernaan bisa menyebabkan usus buntu

Faktor yang menyebabkan terjadinya usus buntu salah satunya adalah terjadinya infeksi pada saluran pencernaan. Infeksi ini dapat terjadi karena pola makan yang tidak teratur dan makan makanan yang tidak sehat serta sering membiarkan perut dalam keadaan kosong untuk jangka waktu yang lama.

2. Cedera Pada Perut

Adanya cedera pada perut juga dapat menjadi faktor penyebab. Cedera ini bisa terjadi karena terdapat luka atau infeksi pada perut. Oleh sebab itu, saat merasa ada yang sakit atau tidak beres dirasakan oleh perut segera periksakan diri ke dokter untuk mengetahui terdapat cedera,  atau infeksi yang terjadi.

3. Adanya Tumor Pada Perut

tanda-tanda usus buntu
Adanya tumor pada perut juga bisa mengakibatkan usus buntu

Tidak hanya infeksi yang dapat menyebabkan usus buntu. Adanya tumor pada perut juga bisa jadi salah satu faktor pemicunya. Tumor sendiri ada yang jinak ada yang berbahaya. Jika ingin mengetahui lebih lanjut, sebaiknya segera konsultasi ke dokter untuk memeriksakan adanya tumor di perut.

4. Adanya Parasit yang Menyumbat Rongga Usus Buntu

Parasit pada rongga usus buntu tidak boleh dianggap remeh. Keberadaannya bisa menimbulkan infeksi serius. Parasit tersebut dapat tumbuh jika tidak menjaga kebersihan perut dengan mengonsumsi makanan tidak sehat. Jika dibiarkan terlalu lama, maka parasit akan menyebar.

5. Hambatan Pada Pintu Rongga Usus Buntu

tanda-tanda usus buntu
Apabila terdapat hambatan pada pintu usus buntu, maka bisa menyebabkan penyakit usus buntu

Pintu rongga usus buntu dapat melaksanakan tugasnya dengan baik apabila tidak ada hambatan. Sebaliknya jika terjadi sesuatu, maka dapat mengganggu kinerjanya. Misalnya saja terdapat parasit atau bakteri. Akibatnya akan terjadi infeksi dan menimbulkan sakit usus buntu.

Tanda-tanda usus buntu tidak bisa langsung dikenali apabila penderita hanya mengalami sakit perut biasa. Oleh sebab itu perlu pemeriksaan lebih dalam dari dokter. Apabila sakit semakin nyeri dan semakin menjalar ke area perut, maka harus waspada dan segera periksakan diri Anda ya!