Trik Jitu Cara Menghilangkan Ngorok Paling Ampuh

cara menghilangkan ngorok

Punya kebiasaan mengorok saat tidur? Sebaiknya, perbaiki mulai sekarang! Meskipun mengorok merupakan kebiasaan yang dilakukan tanpa disadari, namun kebiasaan buruk ini masih bisa diperbaiki. Cara menghilangkan ngorok juga cukup mudah dilakukan. 

Baik laki-laki atau perempuan sama-sama bisa memiliki kebiasaan mengorok. Selain akan mengganggu orang lain, mengorok ternyata juga bisa menurunkan kualitas tidur secara keseluruhan. Bahkan, kebiasaan ngorok juga dipercaya bisa mengancam kesehatan tubuh jika dibiarkan.

5 Cara Menghilangkan Ngorok yang Wajib Dicoba

1. Coba Ubah Posisi Tidur

cara menghilangkan ngorok
Posisi tidur juga bisa menentukan kebiasaan ngorok

Cara pertama adalah dengan mengubah posisi tidur. Perlu diketahui bahwa beberapa posisi tidur ternyata bisa menyebabkan seseorang mengalami ngorok atau mendengkur. Posisi tidur telentang akan menyebabkan lidah menjadi rileks. 

Namun meski menjadi rileks, hal ini justru akan menyebabkan jalan napas terhalang. Inilah yang bisa membuat seseorang menjadi ngorok saat tidur telentang. Untuk itu, cobalah tidur dengan posisi miring. 

Baik miring kanan maupun kiri. Selain itu, tinggikan posisi kepala, misalnya dengan menggunakan 1 atau 2 bantal sesuai kenyamanan masing-masing. Tidur menghadap samping akan memungkinkan udara mengalir. Hal ini sangat baik untuk mengurangi dengkuran saat tidur.

2. Hentikan Kebiasaan Merokok

Tidak sedikit perokok yang selalu ngorok saat tidur. Fakta membuktikan bahwa tembakau pada rokok akan menyebabkan jaringan pernapasan mengalami peradangan. Akibatnya, jalan napas yang terletak di bagian atas akan lebih sempit dan aliran udara pun jadi terbatas.

Dengan jalan napas yang sempit, dengkuran bisa terjadi. Inilah yang membuat merokok jadi sering ngorok. Maka dari itu, sangat disarankan untuk segera menghentikan kebiasaan merokok. Tidur menjadi lebih berkualitas dan tenang!

3. Jaga Kondisi Tubuh dari Dehidrasi

cara menghilangkan ngorok
Jangan sampai dehidrasi ketika tidur

Pastikan untuk minum air yang cukup setiap harinya agar tubuh terhindar dari dehidrasi. Minum air putih tidak hanya disarankan saat bangun tidur saja, sebelum tidur pun sebaiknya minum air putih. Sekresi pada langit-langit dan hidung akan menjadi lengket jika tubuh dehidrasi.

Hal tersebut menyebabkan orang yang dehidrasi lebih mudah mendengkur saat tertidur. Oleh karena itu, jangan lupa untuk memperbanyak konsumsi air putih setiap harinya. Selain merupakan cara menghilangkan ngorok yang ampuh, air putih juga baik untuk menjaga kesehatan.

4. Tidur yang Cukup

Sebagian banyak orang pasti pernah mendengkur setelah beraktivitas padat seharian. Tubuh yang sangat lelah memang bisa membuat seseorang jadi mendengkur saat tidur. Ternyata, hal ini sesuai dengan fakta bahwa seseorang yang beraktivitas berat dan kurang tidur akan meningkatkan risiko mendengkur.

Tidak bisa dipungkiri bahwa memang cukup sulit untuk menjaga waktu tidur di tengah sibuknya aktivitas sehari-hari. Meski begitu, jangan lupa bahwa setiap orang dewasa harus memiliki waktu tidur atau istirahat minimal 7 – 8 jam sehari. Jadi, usahakan agar selalu memiliki waktu untuk istirahat.

5. Atur Suhu Kamar Supaya Tidak Lembab

cara menghilangkan ngorok
Atur suhu dan suasana kamar agar tidak lembab

Suhu kamar yang kering atau dingin bisa menjadi penyebab kenapa seseorang bisa tidur mendengkur. Ternyata, udara yang kering akan menyebabkan dinding hidung dan tenggorokan juga ikut mengering. Akibatnya, hidung jadi mampet. 

Saat hidung mampet, tentu saja hal ini akan menyebabkan jaringan di dalam hidung menjadi bergetar pada saat proses keluar masuknya udara. Maka dari itu, coba hangatkan ruangan menggunakan humidifier. Cara ini dipercaya cukup ampuh untuk membantu mengurangi kebiasaan mengorok.

Itu dia beberapa cara menghilangkan ngorok paling ampuh dan wajib dicoba. Memiliki kebiasaan mengorok tentu cukup mengganggu. Maka dari itu, sebaiknya hilangkan kebiasaan buruk tersebut mulai sekarang. Tubuh pun bisa lebih sehat karena mendapatkan tidur yang berkualitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *