Yuk Ketahui Cara Mengurangi dan Mencegah Sakit Leher Belakang

ini sakit leher belakang

Sakit leher belakang telah banyak menjadi keluhan umum masyarakat. Namun tidak perlu cemas, sakit pada leher bagian belakang jarang menjadi tanda adanya penyakit yang serius. Selain itu, sakit di leher yang ringan juga bisa ditangani sendiri di rumah. Umumnya sakit di leher bagian belakang banyak penyebabnya. Yuk simak ulasan ini untuk mengetahuinya.

Penyebab Sakit Pada Leher Bagian Belakang

Terdapat banyak kondisi yang bisa menyebabkan leher menjadi sakit, sehingga ada baiknya untuk waspada. Saraf yang terjepit bisa menjadi salah satu penyebab leher menjadi sakit. Umumnya kondisi ini terjadi pada orangtua yang memiliki celah leher yang sudah mulai kehilangan kandungan air. Kondisi ini sering disebut dengan spondilosis servikal.

cara mengatasi sakit leher belakang

Leher yang kaku merupakan kondisi dimana leher terasa kamu pada suatu posisi setelah terbangun dari tidur. Namun leher kaku bisa terjadi saat rasa sakit datang, ketika mencoba mengubah posisi leher. Faktor yang menjadi pemicu leher yang kaku hingga menyebabkan leher belakang sakit, umumnya karena tidur tanpa penopang leher.

Cedera yang terjadi pada leher juga bisa menjadi penyebab leher bagian belakang menjadi sakit. Biasanya cedera ini terjadi karena kecelakaan motor atau mobil, terpeleset, jatuh dari ketinggian, cedera akibat olahraga, atau pukulan langsung ke arah wajah. Sehingga kecelakaan tersebut menyebabkan terjadinya whiplash, cedera leher karena kepala terhentak ke satu arah.

Cara Mengurangi Sakit Pada Leher Bagian Belakang

Menggerak gerakkan otot leher secara perlahan, bisa mengurangi rasa sakit pada leher belakang. Coba gerakkan kepala secara melingkar agar otot otot yang sakit bisa direnggangkan. Dan juga variasikan dengan gerakan ke depan dan ke belakang, lalu ke kanan dan ke kiri. Namun apabila terasa sakit, ada baiknya untuk menghentikan gerakan tersebut.

mau tau sakit leher belakang

Berendam dengan menggunakan larutan air garam juga bisa melemaskan otot otot yang kaku, melancarkan sirkulasi darah, dan mengurangi stres. Sehingga selain untuk mengurangi rasa sakit pada leher, Anda juga bisa menenangkan pikiran. Selain itu mandi air hangat atau menempelkan bantalan pemanas pada leher bagian belakang juga bisa mengurangi rasa sakit.

Namun akan lebih baik lagi, jika diselingi dengan kompres menggunakan es. Caranya cukup mudah, tinggal bungkus es dengan handuk kemudian tempelkan pada bagian leher yang sakit. Obat balsem ternyata juga bisa untuk mengurangi rasa sakit pada leher. Pasalnya balsem mengandung bahan aktif yang bisa menekan sinyal rasa sakit.

Anda juga bisa melakukan pijatan untuk membantu meringankan otot leher bagian belakang yang tegang. Bahkan menurut penelitian pijat merupakan cara yang paling efektif untuk mengurangi rasa sakit, meskipun hanya dalam jangka waktu yang pendek. Jika diperlukan, bisa minum obat pereda nyeri. Namun jangan lupa untuk menggunakan sesuai aturan pakai.

Memperbaiki posisi tidur, ternyata juga sangat penting untuk mengurangi adanya sakit pada leher bagian belakang. Pasalnya, tidak jarang posisi tidur yang kurang nyaman bisa menyebabkan sakit di leher. Oleh karena itu, sebaiknya saat tidur untuk menggunakan bantal yang tidak terlalu tinggi dan pertahankan posisi tidur agar leher tidak menjadi sakit.

Cara Mencegah Sakit Pada Leher Bagian Belakang

Ada baiknya untuk menghindari tidur memakai kasur yang terlalu lunak agar posisi kepala menjadi nyaman saat tidur, sehingga tidak menyebabkan sakit pada leher. Selain itu, saat beraktivitas ada baiknya menyesuaikan tinggi meja, kursi, dan komputer agar bisa sejajar dengan mata sehingga posisi leher menjadi nyaman.

Jangan lupa untuk rutin melakukan peregangan, terutama pada bagian leher agar terhindar dari cedera. Tidak hanya itu, hindari kebiasaan menjepit telepon antara telinga dan bahu. Kemudian, penting untuk menghindari posisi tidur yang tengkurap. Yang tidak kalah pentingnya, carilah posisi dan postur tubuh yang baik saat berdiri, duduk, maupun saat tidur.

Sakit yang terjadi pada leher bagian belakang, bisa disebabkan oleh banyak hal. Saat rasa sakit tersebut hanya ringan saja, maka bisa ditangani sendiri di rumah dengan langkah langkah yang mudah. Namun jika sakit leher belakang tersebut sangat parah dan bisa bertahan selama beberapa hari, maka ada baiknya untuk segera mengunjungi dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *