Yuk Ketahui Penyebab Sakit Punggung Dan Cara Mengatasinya

Benarkah penyebab sakit punggung Bisa

Sakit yang terjadi di punggung tidak hanya dialami oleh lansia, orang orang di usia produktif bahkan anak anak juga bisa saja berhadapan dengan keluhan tersebut. Mengapa bisa demikian? Hal tersebut karena penyebab sakit punggung sangat beragam, bahkan ada yang bisa menyebabkan nyeri. Yuk simak disini untuk mengetahui informasi tentang sakit pada punggung.

Macam Macam Penyebab Sakit Pada Punggung

Keseleo pada punggung dan otot yang tegang, umumnya menjadi penyebab punggung sakit yang paling dikeluhkan. Namun jangan dianggap remeh, pasalnya keseleo bisa mengacu pada ligamen yang robek di jaringan fibrosa. Dimana jaringan tersebut menghubungkan dua tulang secara bersamaan. Umumnya keseleo dan otot yang tegang bisa disebabkan karena cedera.

mau tau ini penyebab sakit punggung

Selain itu, punggung yang sakit kemungkinan juga bisa terjadi karena peregangan yang berlebihan, berkendara dalam waktu yang lama, posisi duduk yang tidak tepat, melakukan posisi membungkuk yang terlalu lama, atau juga bisa karena melakukan gerakan yang diulang ulang. Namun terkadang pada saat bangun pagi, punggung akan terasa sakit tanpa sebab.

Sakit pada punggung terkadang juga bisa diakibatkan karena adanya cedera pada bantalan tulang belakang, yang merupakan tulang rawan sebagai pembatas setiap ruas tulang belakang. Biasanya bantalan tersebut bisa saja mengalami perubahan posisi, pembengkakan atau kerusakan. Sehingga menyebabkan saraf tulang belakang terjepit hingga menimbulkan nyeri.

Ruas ruas yang terdapat pada tulang belakang yang mengalami kelainan juga bisa menjadi penyebabnya. Tidak hanya itu penipisan tulang belakang akibat osteoporosis juga bisa menimbulkan rasa sakit. Pasalnya osteoporosis bisa menyebabkan ruas ruas tulang belakang menjadi lebih tipis dan rapuh, yang mungkin saja bisa menimbulkan patah tulang.

Penyakit serius seperti infeksi tulang belakang yang terjadi karena adanya serangan bakteri atau jamur, juga bisa menjadi penyebab rasa sakit di bagian punggung. Selain itu kanker atau tumor yang ganas maupun jinak di tulang belakang, juga bisa menjadi pemicu punggung sakit dan nyeri. Penyakit serius lainnya yang bisa menjadi penyebab punggung sakit adalah spondilolisis.

Cara mengatasi dan Mencegah Adanya Sakit Punggung

Sama seperti penyakit lainnya yang menyebabkan rasa nyeri, obat nyeri ternyata juga ampuh untuk menghilangkan rasa sakit di punggung. Contoh obat pereda nyeri yang dijual bebas yakni paracetamol. Anda bisa membelinya di apotek terdekat. Namun jika tidak menyukai drugstore, bisa juga mengkonsumsi obat pereda nyeri yang telah diracik oleh dokter.

apa Tanda penyebab sakit punggung Bagian Atas yang Berbahaya

Saat punggung terasa sakit dan nyeri, biasanya hanya ingin berbaring atau beristirahat saja hingga rasa sakitnya berkurang. Padahal, dengan melakukan kegiatan ringan dan tetap aktif justru mempercepat proses penyembuhan. Namun perlu diingat, hanya lakukan aktivitas ringan dan hindari aktivitas berat. Jangan melakukan kegiatan yang bisa membebani tulang punggung.

Untuk bisa mengatasi dan mencegah rasa sakit di punggung, maka cobalah mulai memperbaiki posisi tidur. Pasalnya terdapat posisi tidur tertentu yang bisa mengurangi tekanan pada punggung. Contohnya jika Anda merasakan sakit di punggung karena tidur pada posisi telentang, maka cobalah untuk menempatkan bantal di bawah lutut.

Jika kurang yakin dengan metode sederhana, mungkin bisa meminta bantuan terapi fisik untuk mengatasi rasa sakit pada punggung. Umumnya seorang terapis akan mengajarkan cara peregangan yang dapat digunakan untuk mengatasi sakit di punggung. Selain itu, terapis juga akan mengajarkan cara melatih keseimbangan tubuh yang baik untuk tulang punggung.

Penyebab sakit punggung ada bermacam macam, mulai dari cedera ringan hingga adanya penyakit serius yang terdapat pada tulang punggung. Oleh karena itu, cara mengatasi dan menghindari sakit pada punggung banyak macam. Untuk sakit akibat cedera ringan dapat menggunakan cara sederhana, tetapi untuk yang parah ada baiknya dengan bantuan dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *