Yuk Mengenal Lebih Jauh Sakit Saraf yang Sering Terjadi

apa saja yang menjadi penyebab sakit saraf

Banyaknya kasus penyakit yang terjadi pada seseorang tak dapat dipungkiri selalu terjadi hingga saat ini. Sebagai contohnya adalah penyakit yang menyerang saraf manusia. Tentu saja para penderita sakit saraf akan menerima dampak yang tidak bisa dianggap remeh. Oleh karena itu, sebaiknya Anda juga mengenal lebih jauh mengenai saraf manusia tersebut.

Fungsi Tubuh yang Dikontrol Saraf

Saraf yang ada di dalam tubuh seseorang juga memiliki dampak pada beberapa fungsi yang ada di dalam tubuh. Fungsi tersebut antara lain adalah sensasi, persepsi, suhu tubuh, rehabilitasi, dan juga pemulihan. Tak hanya itu fungsi yang lainnya juga berkaitan dengan pikiran dan emosi seseorang. Hal ini menjelaskan pentingnya peran dari saraf manusia.

tau penyebeb sakit saraf

Saat suatu sistem pada saraf terganggu maka fungsi dalam tubuh tersebut juga ikut terganggu. Hal ini tentu saja akan merugikan seseorang yang mengalaminya. Beragam penyakit dapat terjadi karena fungsi yang ada terganggu. Untuk meminimalisir hal yang tidak diinginkan, Anda juga dapat mulai mengenali gejala dari suatu penyakit pada saraf.

Tipe Saraf pada Manusia

Di dalam tubuh seseorang terdapat tiga tipe pada saraf, yaitu saraf otonom, motorik, dan juga sensorik. Ketiganya juga memiliki peran dan tugas yang berbeda dalam tubuh manusia. Misalnya adalah saraf otonom yang memiliki peran dalam mengontrol gerakan pada organ tubuh yang ada, baik gerakan yang setengah disadari maupun tidak disadari oleh manusia.

Saraf lainnya yaitu saraf motorik memiliki fungsi dalam mengontrol gerakan seseorang. Saraf ini akan memberikan informasi kepada bagian otak dan juga tulang belakang untuk ditujukan kepada otot. Sementara saraf sensorik adalah untuk merasakan sensasi tertentu pada tubuh manusia. Misalnya ialah merasakan sensasi dari rasa sakit yang diterima tubuh.

Aneka Penyebab Sakit Saraf

Terdapat beragam hal yang dapat menjadi penyebab dari penyakit yang terjadi pada saraf seseorang. Namun jika dilihat secara umum, maka penyebab tersebut antara lain adalah dari faktor keturunan seperti penyakit huntington. Penyebab lainnya adalah dikarenakan adanya infeksi dari jamur, virus, bakteri, dan parasit yang terjadi pada penderita meningitis.

tau gejala jika mengalami kerusakan sakit saraf

Jenis penyakit seperti parkinson dan alzheimer juga merupakan penyakit yang menyerang saraf manusia. Saraf yang rusak atau memiliki sel mati di dalamnya adalah penyebab penyakit tersebut. Penyakit di pembuluh darah otak manusia juga bisa menyebabkan stroke. Jenis dari penyakit lainnya yang berkaitan dengan ini adalah kanker otak dan juga epilepsi.

Pengobatan Sakit Saraf yang Dapat Dilakukan

Penyakit atau kerusakan yang terjadi pada saraf memang tidak dapat disembuhkan secara menyeluruh. Akan tetapi gejala yang ada dapat dikurangi dengan prosedur penanganan tertentu. Misalnya adalah dengan memperbaiki gizi, membatasi kadar gula di dalam darah, serta memberikan obat pereda nyeri saraf demi mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan.

Cara lain yang dapat dilakukan untuk membantu proses pengobatan adalah dengan mengganti obat yang digunakan. Hal ini dilakukan pada jenis obat tertentu yang dapat meningkatkan risiko terjadinya kerusakan pada saraf yang ada. Pengobatan pada bagian saraf juga dapat dilakukan dengan cara fisioterapi dan proses pembedahan oleh tim medis.

Saraf yang ada di dalam tubuh manusia juga merupakan hal utama yang dikaji dalam ranah ilmu neurologi. Baik dalam hal fungsi, peran, dan gangguan yang ada di dalam saraf pada tubuh manusia. Pengobatan yang dilakukan oleh seorang neurolog juga diharapkan mampu memberikan dampak positif pada sakit saraf yang dialami oleh si penderita atau pasien.