Yuk Simak Manfaat Berenang Saat Hamil Dan Panduannya Disini

ini manfaat berenang saat hamil

Ketika masa kehamilan, aktivitas berenang dinilai sangat baik untuk kebugaran tubuh. Tidak hanya itu, berenang saat hamil ternyata bermanfaat untuk menjaga kehamilan tetap sehat. Hal tersebut karena berenang membuat ibu hamil bisa bergerak bebas. Namun, ada beberapa panduan yang harus diperhatikan oleh ibu hamil sebelum berenang. Yuk simak ulasannya disini.

Manfaat Berenang Ketika Masa Kehamilan

Melakukan aktivitas berenang secara rutin dapat melancarkan sirkulasi darah dan juga memperkuat jantung. Hal tersebut membuat kebutuhan nutrisi serta oksigen pada ibu hamil dan janin di dalam kandungannya akan terpenuhi. Selain itu, berenang juga bisa menjaga berat badan ibu hamil. Pasalnya berat badan yang berlebih sangat berbahaya untuk kehamilan.

mau tau cara berenang saat hamil

Keluhan yang kerap kali disampaikan oleh ibu hamil adalah sakit pada bagian punggung selama masa kehamilan. sakit punggung tersebut disebabkan karena tulang punggung yang harus menopang tubuh yang semakin berat seiring dengan pertumbuhan janin. Untuk itu, disarankan ibu hamil rutin melakukan olahraga renang agar kelenturan dan kekuatan otot meningkat.

Olahraga berenang bisa membuat ibu hamil menjadi lebih aktif bergerak. Sehingga menyebabkan otot dan sendi pada tubuh menjadi lebih kuat. Saat masa kehamilan dengan rutin melakukan olahraga renang, akan membuat ibu hamil menjadi tidak mudah lelah, bisa mengatasi pegal, dan juga mengurangi bengkak bengkak pada kaki dan tangan.

Dengan rutin melakukan olahraga berenang, ternyata bisa membantu ibu hamil tetap prima. Sehingga bisa membantu tidur malam ibu hamil menjadi lebih nyenyak. Tidak hanya itu, olahraga renang juga bisa membantu meredakan stres saat hamil. Akan lebih menyenangkan lagi, jika ibu hamil bisa ajak pasangan atau keluarga untuk berenang bersama.

Panduan Cara Berenang yang Tepat Saat Hamil

Agar kegiatan berenang ibu hamil lebih aman dan nyaman, maka ada baiknya untuk pastikan kolam renang dalam keadaan bersih. Pilihlah kolam renang yang tidak berbau tajam dan airnya jernih. Agar lebih nyaman, disarankan berenang di kolam yang memiliki suhu air sekitar 27 hingga 33 derajat celsius. Dan jangan memaksakan berenang saat merasa tidak nyaman.

ini Manfaat Olahraga berenang saat hamil

Pemanasan sangat penting dan tidak boleh dilewatkan sebelum melakukan olahraga renang, apalagi oleh ibu hamil. Lakukan pemanasan sekitar 5 menit sebelum mulai berenang guna menghindari adanya risiko cedera, meningkatkan aliran darah ke otot, serta meningkatkan kelenturan dan kekuatan otot tubuh.

Jangan lupa saat telah selesai olahraga renang, untuk melakukan pendinginan terlebih dahulu. Kegiatan tersebut dilakukan untuk mengurangi risiko terjadi pegal pegal atau nyeri otot dan juga membantu untuk memulihkan kondisi tubuh seperti semula. Cukup lakukan gerakan kecil seperti berjalan kaki atau stretching sekitar 3 hingga 5 menit setelah keluar dari kolam renang.

Jangan lupa juga untuk minum air putih yang cukup, pasalnya kekurangan cairan tubuh di saat olahraga bisa membuat ibu hamil mengalami dehidrasi. Untuk itu, pastikan minum air putih sebanyak dua gelas sebelum berenang, satu gelas di sela sela kegiatan renang, dan satu gelas setelah selesai serang. Jika cuaca sangat panas, maka dibolehkan untuk minum lebih banyak.

Saat berenang, maka pastikan untuk melakukan gerakan secara perlahan dan berhati hati. Gerakan renang yang aman dilakukan oleh ibu hamil yakni menggunakan gaya dada. Pasalnya selain mudah dilakukan, gerakan tersebut juga tidak membuat cepat lelah. Ada baiknya untuk menghindari melompat atau melakukan gerakan yang mengakibatkan risiko cedera.

Saat melakukan olahraga renang, dianjurkan untuk mengikuti panduan berenang agar terhindar dari risiko cedera. Meskipun berenang saat hamil cukup aman, namun jika kepala terasa sakit, kelelahan, nyeri pada dada, hingga terjadi kontraksi. Maka disarankan untuk istirahat terlebih dahulu. Selain itu ada baiknya sebelum berenang, untuk berkonsultasi dahulu pada obgyn.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *