Yuk Simak Penyebab dan Cara Mengatasi Sakit Punggung Bagian Atas

bahaya sakit punggung bagian atas

Sakit punggung bagian atas, umumnya digambarkan sebagai rasa nyeri dan kaku di bagian punggung. Lebih tepatnya pada bagian antara leher belakang atau tengkuk hingga ke pinggang. Penyebab sakit pada punggung atas ini, ada banyak. Yuk simak informasinya disini disertai dengan cara mengatasi dan mencegah terjadinya sakit di punggung atas.

Penyebab Sakit Pada Punggung Bagian Atas

Duduk terlalu lama ternyata bisa membuat punggung menjadi sakit, apalagi jika postur saat duduk salah. Keluhan ini banyak dikeluarkan oleh orang yang duduk seharian untuk bekerja. Selain itu, jarang bergerak dan kurang olahraga juga dapat membuat otot tubuh menjadi lemah. Sehingga tidak bisa menopang tubuh dengan baik, yang mengakibatkan punggung mudah sakit.

ini bahaya sakit punggung bagian atas

Jika Anda sering membawa tas ransel dengan isi yang terlalu berat, hal tersebut juga bisa membuat punggung menjadi sakit. Oleh karena itu, sebaiknya untuk menghindari kebiasaan membawa beban ransel di punggung. Tidak hanya itu, ternyata kebiasaan menggunakan sepatu yang tidak pas juga bisa menyebabkan sakit pada punggung dan bisa mengubah gaya berjalan.

Tahukah Anda jika kualitas kasur yang kurang baik atau permukaan kasur cenderung mudah berubah, ternyata bisa menyebabkan nyeri punggung. Hal tersebut karena kasur tidak bisa menahan struktur tulang belakang dengan baik. Namun tidak hanya nyeri di punggung, tidur di kasur yang kurang berkualitas juga bisa membuat badan menjadi terasa kaku, lelah, dan pegal.

Ternyata cedera yang terjadi pada otot, kulit, tulang, dan saraf punggung atas bisa menyebabkan nyeri. Selain itu, ada juga penyakit tendonitis yang bisa menyebabkan punggung atas menjadi sakit. Penyakit tendonitis adalah kondisi dimana jaringan ikat yang berfungsi sebagai penyambung otot dan tulang di dalam tubuh mengalami peradangan.

Cendera akibat terjatuh dengan posisi tangan yang terentang hingga mengakibatkan patah tulang belakang, ternyata juga bisa membuat punggung atas menjadi sakit. Sakit pada punggung atas juga bisa disebabkan oleh penyakit tertentu, seperti saraf yang terjepit, osteoporosis, osteoarthritis, dan skoliosis.

Cara Mengatasi dan Mencegah Sakit Pada Punggung Atas

Jika Anda beberapa kali mengeluhkan sakit pada punggung atas, mungkin bisa mengkompres pada bagian punggung atau tengkuk yang sakit. Namun jika kurang membantu, mungkin bisa mengkonsumsi obat penghilang rasa nyeri, seperti paracetamol. Tidak hanya itu, guna mengatasi rasa sakit pada punggung atas maka bisa dilakukan dengan perbanyak istirahat.

tau penyebeb sakit punggung bagian atas

Usahakan saat tidur tidak menggunakan bantal yang terlalu banyak. Dan juga ada baiknya untuk menghindari terlalu banyak membungkuk dan mengangkat barang yang berat. Ada baiknya guna menjaga berat badan agar tetap ideal, yang bisa dicapai dengan rutin olahraga dan pola makan yang sehat. Jika diperlukan, Anda bisa mengikuti fisioterapi.

Menggunakan korset yang khusus ternyata juga bisa untuk memperbaiki posisi dan postur tulang belakang, serta baik untuk mengatasi punggung yang nyeri. Namun jika cara sederhana dan mudah belum bisa untuk mengatasi sakit pada punggung atas, mungkin ada baiknya untuk melakukan operasi tulang belakang.

Jika sakit punggung telah teratasi, maka sebaiknya melakukan tindakan pencegahan agar sakit pada punggung atas tidak kambuh lagi. Rutin berolahraga sangat baik untuk kesehatan punggung. Olahraga yang bisa Anda coba meliputi pilates, yoga, bersepeda, dan berenang. Berdiri dan berjalan sejenak saat bekerja, juga bagus untuk pencegahan sakit punggung.

Untuk para wanita, ada baiknya menghindari pemakaian sepatu hak tinggi yang terlalu sering. Serta jangan sering mengenakan sepatu yang sudah usang. Selain itu, ada baiknya untuk memperbaiki postur tubuh pada saat menyetir dan juga guna mencegah sakit pada punggung atas. Usahakan agar posisi punggung dan bahu untuk tegap dan sejajar.

Banyak yang menjadi penyebab timbulnya sakit pada punggung atas. Dimana kondisi tersebut sangat mengganggu tubuh untuk bergerak, sehingga membuat produktivitas menjadi menurun. Oleh karena itu, ada baiknya mencegah sakit punggung bagian atas dengan beberapa cara yang ada di dalam ulasan ini sebelum terlambat. Semoga informasi ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *